5 Langkah Merawat Aki


HONDA KUDUS - Aki merupakan salah satu elemen penting dari mobil yang berfungsi memasok arus listrik ke seluruh komponen kelistrikan pada kendaraan. Aki yang bermasalah bisa menyebabkan mesin mobil mati dan tidak bisa dihidupkan. Alhasil, jika suplai listrik dari aki terputus, maka sistem di mobil tidak dapat berfungsi.

Fungsi dasar aki adalah starting, lightning dan ignition. Aki merupakan sumber tenaga menghidupkan mobil, mensuplai energi pada lampu mobil dan mendukung sistem pembakaran (internal combustion engines).

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kita gunakan untuk merawat aki agar selalu maksimal dalam menunaikan tugasnya sebagai penyuplai listrik di mobil kesayangan Anda.

Pertama, saat pertama kali membeli aki baru, usahakan untuk menyalakan mesin mobil setidaknya selama 15 menit. Usahakan level air aki berada di antara upper dan lower yang tertera pada casing aki.

Kedua, periksa level air aki (cairan elektrolit aki) secara berkala setidaknya seminggu sekali. Kerak putih yang biasanya terdapat pada terminal aki terjadi karena proses pensulfatan.

Ketiga, periksa kondisi terminal aki secara berkala dari karat dan kerak putih. Terminal aki yang kendor mengkibatkan mesin mobil susah untuk di-start akibat bad contact pada terminal aki.

Keempat, periksa pengikat aki dan terminal aki. Pastikan aki terikat dengan kuat pada dudukannya.

Terakhir, sebelum menyalakan mesin, matikan beban seperti lampu, audio dan AC agar beban aki tidak terlalu berat. Saat menyalakan mesin, starter membutuhkan arus yang sangat besar dari aki.