Challenge Accepted, Modifikasi Honda Freed E 2013

Modifikasi honda FREED menjadi sebuah tantangan tersendiri. Usut punya usut, ternyata pelek dengan diameter 18 inci ini mempunyai lebar 9,5+10,5 inci! “PR banget sih buat belakangnya, apalagi Freed kan pakai sliding door, tapi pokoknya harus bisa masuk!” wanti Haruns Maharbina, sang pemilik.

Setir Freed Hybrid bikin interior jadi beda

Dengan ukuran fender normal, pelek ini bisa keluar sekitar 4 jari dari bibir fender. “Tapi setelah gue roll fender, keluarnya sekitar 2 jari, tapi tetap enggak enak lihatnya,” keluhnya. Akhirnya ia pun langsung mengontak karibnya, Ado dari bengkel Ex N in D’Works di Cipinang, Jaktim, untuk menyelesaikan masalah ini.

Enggak bisa pakai panoramic, pasang double sunroof berhasil tampil keren

“Kalau enggak mau peleknya nongol begini, ya mau enggak mau harus di-wide body,” ujar Ado. Saking ngebetnya, Haruns pun mengangguk tanda setuju. “Boleh! Tapi wide body-nya harus terlihat natural ya,” tantang pria pemukim Bekasi ini. Ado pun menjawab tantangan Haruns. “Oke!” serunya.

Sliding door masih bisa bergerak mulus walau mepet banget 

Ado mengaku sempat pusing mengerjakan wide body Freed ini. “Gue harus bolak balik lepas pintu untuk memastikan jalur sliding door ini mulus atau enggak nantinya,” kenang Ado. Namun semuanya berbuah manis. “Akhirnya dapat settingan yang pas, depan gue wide 2 cm, belakang 1 cm,” girang Ado.

Dengan settingan seperti ini, Haruns harus memakai ukuran ban yang tepat. “Akhirnya pakai ban 215/35R18 depan dan 225/35R18 untuk belakang, narik abeeessss bannya!” seru pria yang berprofesi sebagai fotografer ini. Itu juga dibarengi dengan camber -2 untuk depan, sementara yang belakang enggak bisa di-camber.

Wide body depan 2 cm, belakang 1 cm. Masih terlihat natural

Sayangnya sekarang fitur power sliding door (PSD) bawaan jadi tidak bisa diaktifkan. “Jadi manual, memang lebih berat sih, tapi yang penting ini pelek bisa masuk, hahaha,” gelaknya. Mantaaap! (otomotifnet.com)

Plus:
Tampil lebih elegan

Minus:
Pintu motorized jadi tidak berfungsi

Data Modifikasi:

Pelek CCW LM5T 18x9,5+10,5 inci
ban Achilles ATR Sport 215/35R18 dan Yokohama S-Drive 225/35R18
coilover Hotbits DT1
lug nut Kranze
custom wide body
side skirt Mugen
stop lamp Freed hybrid
sunroof Webasto M dan L
front pipe - down pipe dan muffler J’s Racing
setir Freed hybrid
tweeter Vifa XT19NC
midrange Vifa TG9
midbass Avexis FU6
crossover pasif 3-way custom
power monoblok Avexis 1.600
subwoofer Kenwood 12 inci


sumber: otomotifnet.com